Sistem Penjaminan Mutu | STT Pelita Bangsa Menuju Universitas

Sistem Penjaminan Mutu


Sistem Penjaminan Mutu Pendidikan Tinggi (SPM-PT) adalah proses penetapan dan pemenuhan standar mutu pengelolaan pendidikan tinggi secara konsisten dan berkelanjutan sehingga stakeholders (mahasiswa, orang tua, dunia kerja, pemerintah dosen tenaga penunjang serta pihak lain yang berkepentingan) memperoleh kepuasan.

Landasan hukum dari sistem penjaminan mutu merujuk pada Undang-Undang Nomor 20 tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional, Higher Education Long Term Strategy (HELTS) 2003 - 2010, dan Peraturan Pemerintah No. 19 tahun 2005 tentang Standar Nasional Pendidikan pelaksanaan penjaminan mutu di perguruan tinggi merupakan kegiatan yang wajib dilakukan, sehingga penjaminan mutu perguruan tinggi (Quality Assurance) sesuatu yang tidak dapat diabaikan lagi oleh perguruan tinggi. Hal ini disebabkan oleh berbagai tantangan pendidikan tinggi yang antara lain :

  1. pengaruh intervensi global dan liberalisasi pendidikan;
  2. permasalahan makro nasional seperti : ekonomi, politik, moral dan budaya;
  3. globalisasi, keterbukaan, demokrasi, rasionalisasi berpikir, budaya persaingan;
  4. peran perguruan tinggi membentuk masyarakat madani;
  5. rendahnya daya saing lulusan dalam tingkat nasional/internasional; dan sebagainya.

Sekolah Tinggi Teknologi (STT) Pelita Bangsa, sebagai salah satu organisasi penyelenggara jasa pendidikan tidak terlepas dari lingkaran paradigma tersebut, oleh karena itu STT Pelita Bangsa akan senantiasa menjamin mutu jasa yang diberikan, selain sebagai upaya untuk mempertahankan eksistensinya sebagai perguruan tinggi yang bermutu juga sebagai upaya untuk terlibat secara aktif dan langsung memberikan kontribusi terhadap pembangunan pendidikan di Bekasi.

Sistem penjaminan mutu STT Pelita Bangsa dilakukan secara bertahap, sistematis dan terencana dalam suatu program penjaminan mutu yang memiliki target dan kerangka waktu yang jelas. Pada tahap awal penjaminan mutu dilakukan oleh unit yang secara khusus dibentuk untuk melakukan perencanaan dan pengelolaan mutu baik akademik maupun manajemen yaitu unit Penjaminan Mutu Internal (PMI), kemudian pada akhirnya nanti penjaminan mutu tersebut akan menjadi budaya dan kegiatan rutin yang mengatur seluruh kegiatan dari civitas akademika STT Pelita Bangsa.

Lingkup kebijakan SPMI Pelita Bangsa mencakup semua aspek penyelenggaraan pendidikan tinggi baik bidang akademik maupun bidang non akademik. Sebagai langkah awal fokus pada bidang akademik khususnya bidang : pendidikan, penelitian dan pengabdian kepada masyarakat. Dalam perkembangan selanjutnya secara bertahap kebijakan SPMI Pelita Bangsa diterapkan pula pada bidang non akademik.

Kebijakan SPMI Pelita Bangsa berlaku untuk semua unit, yaitu: semua jenjang strata pendidikan (Diploma dan Sarjana), program studi, lembaga, unit pelaksana teknis (UPT).

Slogan SPMI STT: "Pelita Bangsa MEGAH Ber-Mutu"

pendaftaran online
siakad online
Pengumuman
Tidak ditemukan hasil.
Agenda
Tidak ditemukan hasil.
Testimoni Alumni